Menikmati Borobudur Nirwana Sun Rise

May 23 16:54 2015 Print This Article

Gowes kali ini saya tandem berduet bersama Pak Yoyok ingin mencoba gowes ke Puthuk Setumbu untuk melihat Borobudur pagi hari dari atas. Supaya makin seru kami mengambil rute ke barat terlebih dahulu melalui Godean. Titik kumpul kami di Ringroad Barat.

Setelah bertemu kami meluncur menuju Godean kemudian sampai ke arah Nanggulan. Di Nanggulan ada sedikit tanjakan. Selanjutnya ke arah utara melalui Kalibawang. Jalur Nanggulan Kalibawang ini sangat menyenangkan karena jalan halus, tidak banyak kendaraan. Namun ada tantangan beberapa tanjakan dan rolling. Sangat pas sekali dengan sepeda Road Bike kami.

Mampir sebentar di sebuah masjid untuk mampir buang air kecil, bukan sholat dhuha ya :D. Kemudian kami lanjut melewati Jalur Nanggulan Mendut. Menjelang perbatasan DIY Magelang ada satu tanjakan yang lumayan panjang dan pas di situ ada rest area. Saya berhenti sebentar, dan mendapat info kalau jalan deket situ adalah jalur menuju obyek wisata Kalibiru.

Kami sempat berfoto ria di sebuah jembatan Gantung. Kemudian lanjut lagi menuju desa dimana lokasi obyek wisata Bukit Puthuk Setumbu. Akhirnya kami sampai di Bukit Sethumbu. Di situ belum ada pengunjung sama sekali. Karena Pak Yoyok ingin berfoto sambil membawa sepeda di puncak bukit, maka akhirnya kita berdua menuntun dan menggotong sepeda ke atas. Untung sepeda kami RB jadi lumayan ringan dipanggul. Kurang lebih 400 m kami sampai di atas.

Pemandangan di puncak bukit lumayan sejuk dan hijau dengan udara yang terasa segar. Seperti tujuan semula ingin berselfie ria maka kami memuaskan diri untuk berfoto yang selalu jadi ritual wajib ketika gowes :D. Sudah puas berfoto kami pun turun untuk pulang.

Di dekat Borobudur kami mampir ke Warung Kupat Tahu karena perut sudah terasa lapar dan perlu mengisi supply energi. Selanjutnya kami pulang melalui Jl Magelang. Total perjalanan kami kurang lebih 100km.

Categories:
view more articles

About Article Author

Yuda Putra

View More Articles
write a comment

0 Comments

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Only registered users can comment.