Sebelum Gowes Nusakambangan

Sebelum Gowes Nusakambangan
June 01 00:08 2015 Print This Article

BluXpit kembali akan mengadakan gowes bareng menuju rute yang rutin yaitu Gowes Nusakambangan. Akan ada dua komunitas yang saling melengkapi untuk mensukseskan acara ini yaitu komunitas GamaGo dan komunitas S3Gama. Dua komunitas yang menyandang nama UGM ini akan kembali memeriahkan waktu sebelum jatuhnya bulan puasa dengan bersepeda bersama-sama dan dengan mengakomodir semua keinginan para anggota masing-masing.

Akan ada tiga kelompok Goweser yang berangkat menuju pulau Nusakambangan Cilacap. Mereka mewakili tiga kelompok anggota komunitas ini. Kelompok pertama akan menempuh perjalanan Jogja Cilacap dengan mengayuh sepedanya mulai dari Start di Balairung UGM sampai hotel di Cilacap. Kelompok ini mewakili para anggota komunitas sepeda yang biasa bersepeda jauh, seperti saat mereka bersepeda Surabaya Jogja atau Bandung Jogja dalam rangka ulang tahun UGM yang lalu.

Rencananya kelompok pertama ini akan berangkat sebelum subuh dan melaksanakan sholat subuh dalam perjalanan mereka. Diperkirakan senja hari mereka sudah memasuki kota Cilacap dan langsung menuju penginapan mereka masing-masing.

Kelompok ke dua adalah kelompok yang kurang lebih sama dengan kelompok pertama, bedanya mereka ini sedang menyimpan tenaga untuk acara gowes malam di Cilacap dan gowes puncak di pulau Nusakambangan. Berangkat dari berbagai tempat, mereka akan regrouping di resto Paradise Jalan Wates km 5. Perjalanan akan berhenti saat makan siang, diperkirakan di sekitar Kebumen dan kemudian dilanjut dengan naik mobil menuju Cilacap. Diperkirakan kelompok ke dua ini akan sampai Cilacap sore menjelang maghrib, sehingga hampir bersamaan dengan kelompok pertama.

Kelompok ke tiga akan mewakili golongan goweser yang suka pergi jauh tetapi lebih senang dengan gowes kurcaci, atau gowes rute pendek. Sejak dari Jogja, mereka akan naik bus dan baru naik sepeda saat acara gowes malam di Cilacap dan di pulau Nusakambangan. Tiga kelompok ini akhirnya akan berkumpul semua saat gowes malam, gowes di pulau Nusakambangan dan saat bersama-sama pulang ke Jogja.

Gowes Nusakambangan 6-7 Juni 2015

Gowes Nusakambangan 6-7 Juni 2015

Press release yang resmi dikeluarkan oleh Panitia BluXpit Nusakambangan bisa disimak di bawah ini.

+++

PRESS RELEASE

Bluxpit tour d Nusakambangan 2015, 6-7 Juni 2015

Gowes menjadi kegiatan yang terus menambah keramaian di setiap kesempatan beraktivitas bersepeda bersama, terutama di hari libur dan weekend. Fungsi bersepeda atau gowes tidak lagi untuk tujuan berolahraga, tetapi sudah merembet ke fungsi lain seperti wisata, persaudaraan dan silaturahmi antar anggota komunitas.

Komunitas gowes di kawasan Universitas Gadjah telah berkembang secara cepat dan tidak hanya melibatkan civitas akademika UGM saja, tetapi sudah melibatkan alumni. S3Gama (Sepeda Sehat Semua Gadjah Mada) yang baru saja merayakan ulang tahun ke-5 telah terbukti sebagai ajang berkumpul para goweser yang terdiri dari dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan dan alumni dari berbagai fakultas, disetiap acara Dies UGM mengadakan bersepeda jarak jauh non kompetisi. Sejak tahun 2013, di setiap acara Dies UGM selalu diselenggarakan semacam Audax, yaitu bersepeda jarak jauh non kompetisi. Tahun 2013 dengan jalur Surabaya-Yogyakarta, dan tahun 2014 diselenggarakan gowes Bandung-Yogyakarta, dan di sinilah dimunculkan istilah Bluxpit sebagai terminologi untuk kegiatan bersepeda jarak jauh di UGM. Awal tahun 2015 , diawali oleh para goweser di lingkungan kantor pusat UGM, lahirlah komunitas goweser yang menamakan diri sebagai GaMaGo (Gadjah Mada Gowes) yang pada saat ini sudah terhimpun sekitar 75 anggota. Komunitas gowes inilah yang merencanakan akan melakukan acara Bluxpit tour d’ Nusakambangan 2015.

S3Gama pada tahun 2012 lalu telah sukses menyelenggarakan tour gowes ke Nusakambangan dan pada tahun 2015 ini berencana untuk mengulang acara tersebut dengan melibatkan lebih banyak peserta, maka GamaGo menyambut baik rencana tersebut dan berkomitmen untuk menjadi bagiannya dan mensukseskan acara Bluxpit tour d Nusakambangan 2015. Rencana Bluxpit tour d’ Nusakambangan 2015 akan dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 6-7 Juni 2015. Beragamnya daya tahan dan jam terbang dalam menggowes, maka akan difasilitasi dengan adanya tiga kelompok pemberangkatan yaitu, Kelompok 1 yang akan berangakat 6 Juni dini hari dengan jalur Yogyakarta-Cilacap yang akan diikuti oleh 12 peserta yang umumnya merupakan kelompok “senior” yang sudah biasa menempuh jarak jauh. Kelompok ke-2 adalah goweser yang akan menempuh rute Yogyakarta-Kebumen sejauh 100 km, yang bagi sebagian besar goweser jarak 100K merupakan batas psikologis untuk mengukur kekuatan tenaga dan niat dalam mengayuh sepeda. Kelompok 2 ini akan melanjutkan perjalanan Kebumen- Cilacap dengan loading menggunakan bus. Kelompok ke-3 adalah kelompok yang sejak dari Yogyakarta ke Cilacap loading, penggowesnya naik bus dan sepedanya diangkut dengan kendaraan terbuka. Ketiga kelompok ini akan selalu dikawal oleh tim teknisi, dan juga oleh tenaga medis yang tidak lain adalah para penggowes sendiri yang berprofesi sebagai dokter. Pantai Ayah di Kebumen akan menjadi titik temu antara kelompok 2 dan 3, untuk beristirahat makan siang, dan di sinilah fungsi gowes untuk kepentingan wisata dapat terwujud.

Seluruh penggowes dari ketiga kelompok ini diharapkan sudah sampai di Cilacap pada Sabtu siang dan menyempatkan diri untuk beristirahat sejenak. Jam 16.00 akan dimulai acara wisata bersepeda ke tempat wisata Benteng Pendem, dan dilanjutkan dengan keliling kota Cilacap hingga malam hari (nite ride) dan diakhiri dengan makan malam dengan menu sea food khas Cilacap.

Minggu 7 Juni 2015 jam 06.00 akan dimulai perjalanan gowes wisata ke Nusakambangan dengan menggowes dari hotel ke pelabuhan penyeberangan Sleko yang menghubungan Cilacap ke pulau Nusakambangan. Ijin gowes ke Nusakambangan yang telah diperoleh dari pihak Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan memberikan kesempatan kepada 75 orang untuk beraktivitas gowes. 75 penggowes akan menikmati perjalanan di seputar pulau Nusakambangan yang biasanya dikenal dengan LP kelas kakap, tetapi juga memberikan keindahan wisata, dan merupakan andalan tempat tujuan wisata di kawasan kabupaten Cilacap.

Untuk lebih mengakrabkan peserta dan sekaligus latihan gabungan menjelang Tour de Nusakambangan, pada hari Minggu, 2 Juni 2015 akan dilaksankan gowes bareng dari Balairung UGM menuju Sabo Dam Bronggang, Cangkringan dengan jarak total 39 km. kegiatan gowes bersama ini diharapkan dapat membentuk kekompakan, kebersamaan dan saling mengenal antar penggowes Nusakambangan.

Ketua Panitia Bluxpit tour d Nusakambangan 2015 : Hendro
Ketua S3Gama : Mitrabani
Ketua GaMaGo : Noorhadi

Gowes Nusakambangan 6-7 Juni 2015

Gowes Nusakambangan 6-7 Juni 2015

  Article "tagged" as:
  Categories:
view more articles

About Article Author

Eko eshape
Eko eshape

View More Articles